SPORT

Klopp Masuk Tahun Ketiga, Bisakah Liverpool Juara Premier League?

BolaHasil – Jika merunut karier Juergen Klopp, seharusnya Liverpool bisa jadi juara Premier League musim ini. Tapi, bisakah Klopp benar-benar mewujudkannya?

Sejak debut melatih tahun 2001 di Mainz, periode tersukses Klopp adalah bersama Borussia Dortmund yang dijalani sedari 2008 hingga 2015. Tujuh tahun berbaju kuning-hitam, Klopp mempersembahkan dua gelar Bundesliga dan satu trofi DFB-Pokal serta melaju ke final Liga Champions 2013.

Tapi, sukses yang didapat bersama Dortmund tidaklah dicapai dengan mudah mengingat Klopp harus jatuh-bangun untuk membangun tim yang solid hingga akhirnya mampu mendobrak dominasi Bayern Munich.

Di musim pertamanya, Klopp membawa Dortmund finis di posisi keenam yang berlanjut ke posisi kelima di musim keduanya. Puncaknya adalah di musim ketiganya pada 2010/2011 ketika Dortmund jadi juara Bundesliga dengan mencetak rekor poin yakni 81 serta meraih 25 kemenan

Prestasi serupa dicatat setahun berikutnya ketika Dortmund dibawa Klopp jadi juara Bundesliga lagi dan meraih dobel gelar usai mengalahkan Bayern Munich di final DFB-Pokal.

Setelah itu prestasi Klopp bersama Dortmund menurun yang ditandai dengan finis ketujuh pada musim terakhirnya melatih klub itu. Kini, Klopp sedang meniti jalan serupa di Premier League bersama Liverpool.

Jika dihitung sejak kedatangannya di Inggris pada Oktober 2015, tahun ini adalah tahun ketiganya berada di Inggris. Namun, jika diukur dari periode kepelatihannya, ini adalah musim penuh ketiganya bersama Liverpool. Statistiknya pun boleh dibilang membaik dari musim ke musim.

Setelah hanya finis posisi kedelapan di tahun pertamanya pada 2016, Klopp membawa Liverpool naik ke posisi keempat pada musim penuh pertamanya di 2017. Di musim penuh keduanya, Klopp kembali membawa The Anfield Gank duduk di posisi empat besar dan lolos ke Liga Champions.

Memasuki tahun penuh ketiganya, ekspektasi untuk Klopp tentu makin besar mengingat musim ini Liverpool sudah mengeluarkan dana lebih dari 100 juta pound sterling untuk belanja pemain. Semua keinginan Klopp nyaris terpenuhi terutama di sektor kiper dengan kedatangan Alisson Becker.

Kini tinggal bagaimana Klopp bisa meneruskan tradisinya tersebut mengingat start Liverpool di Premier League terbilang apik meski cuma meraih dua poin di dua laga terakhirnya. Mohamed Salah dkk. kini ada di posisi ketiga klasemen dengan 20 poin, sama dengan Manchester City dan Chelsea, tapi hanya kalah selisih gol.

Fans Liverpool tentu menunggu tangan emas Klopp yang biasanya ampuh di musim ketiga melatih klub. Bisa, Klopp?

“Yang pertama selalu jadi yang tersulit. Ada perbedaan antara hanya bisa bersaing sampai garis finis, lalu apakah mental mereka cukup untuk mampu melalui laga-laga di akhir musim,” ujar mantan pemain Liverpool era 80-an, Kevin Keegan, di Express.

“Ketika Anda sudah melakukannya, itu bakal jadi pengalaman. Ketika belum pernah, Anda akan berpikir ‘bagaimana kami melakukan ini dan melakukan itu?,” sambungnya.

“Rasa takut itu hilang ketika berhasil melakukannya, tapi jika tidak gagal maka Anda akan berpikir ‘Bagaimana cara kami melakukannya?”

“Anda akan terus bertanya ke diri sendiri dan itu sesuatu yang wajar,” tutup Keegan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

arwanaqq
Close
Close
%d bloggers like this: