PIALA DUNIA

Kroasia Negara Finalis ke-13 di Piala Dunia 2018

Indonesia — Kroasia menjadi pendatang baru di partai final Piala Dunia setelah berhasil menembus laga puncak di Rusia 2018 dengan mengalahkan Inggris.

Sebelum Kroasia ada 12 negara yang berhasil masuk ke partai puncak Piala Dunia. Delapan dari 12 negara sukses menjadi juara sementara Cekoslowakia, Hungaria, Swedia, dan Belanda gagal menjejaki podium juara.

BACA JUGA : Keganasan Mandzukic di Knock-out Piala Dunia 2018

Negara pecahan Yugoslavia itu kali pertama tampil di Piala Dunia di Prancis 1998. Dalam penampilan debut, Kroasia yang diperkuat Davor Suker berhasil menempati peringkat ketiga.

Prestasi skuat Vatreni lantas tenggelam setelahnya. Kesebelasan yang khas dengan motif kostum kotak-kotak merah putih gagal menembus fase gugur di Piala Dunia 2002 dan 2006.

Setelah gagal menembus putaran final Piala Dunia pada 2010, Kroasia kembali merasakan atmosfer Piala Dunia di Brasil 2014 namun hanya sampai fase grup.

Anak asuh Zlatko Dalic berhasil masuk dalam putaran final yang digelar di Rusia setelah memenangi babak playoff menghadapi Yunani.

Di fase grup Kroasia berhasil meraih sembilan poin berkat kemenangan atas Argentina, Nigeria, dan Islandia.

Luka Modric dan kawan-kawan selalu bermain lebih dari 90 menit di fase gugur. Menghadapi Denmark di babak 16 besar dan Rusia di babak perempat final, Kroasia menang lewat babak adu penalti.

Pada babak semifinal, gol Mario Mandzukic di babak tambahan menjadi penentu kemenangan atas Inggris.

Daftar negara yang tampil di final Piala Dunia:
Uruguay
Argentina
Italia
Cekoslovakia
Hungaria
Brasil
Jerman Barat
Swedia
Inggris
Belanda
Prancis
Spanyol
Kroasia

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

arwanaqq
Close
Close
%d bloggers like this: