LIGA DUNIA

Piala Dunia Antarklub 2018 Bakal Uji Coba Aturan Baru di Sepak Bola

Piala Dunia Antarklub 2018 Bakal Uji Coba Aturan Baru di Sepak Bola

Ilustrasi sepak bola

BOLAHASIL.com – Piala Dunia Antarklub tidak hanya arena pertempuran bagi tim-tim terbaik di lima benua. Ajang ini juga sering menjadi wadah uji coba terhadap aturan baru dalam sepak bola.

Masih ingat VAR (Video Assistant Refree)? Sebelum akhirnya populer di Eropa dan dipakai Piala Dunia 2018, teknologi ini sudah lebih dulu muncul di Piala Dunia Antarklub 2016. .

Tahun ini, sejumlah laga menarik kembali mewarnai Piala Dunia antarklub 2018. Setelah River Plate berhasil mengalahkan Al Ain lewat drama adu penalti, semifinal Piala Dunia Antarklub juga akan mepertempukan Real Madrid vs Kashima Antlers, malam ini.

Di luar itu, sejumlah eksperimen kembali dijalankan di Piala Dunia Antarklub yang berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Salah satunya, terkait tendangan gawang.

Bila selama ini para pemain dilarang menyentuh bola yang ditendang kiper, maka aturan yang berlaku pada Piala Dunia 2018 bakal berbeda. Seperti dilansir Marca, para pemain memang harus berada di luar kotak penalti saat tendangan dilakukan, tapi mereka kini bebas maju dan memotong laju bola sesaat setelah tendangan gawang dilepaskan.

Aturan lain yang diuji coba adalah mengenai pergantian pemain. Di Piala Dunia Antarklub 2018, pemain yang diganti tidak lagi harus meninggalkan lapangan lewat garis tengah. Pemain kini diminta keluar dari lokasi terdekatnya demi menghemat waktu pergantian.

Aturan yang juga berubah adalah, terkait kartu merah pemain. Pemain yang diusir wasit bakal absen pada pertandingan berikutnya, meskipun berbeda kompetisi.

Perubahan ini masih menunggu pengesahan pada Maret mendatang. Meski demikian, aturan-aturan tersebut akan diuji coba lebih dulu di Piala Dunia Antarklub bulan ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

arwanaqq
Close
Close
%d bloggers like this: