PIALA DUNIA

Road to Final Piala Dunia 2018: Prancis Meragukan di Awal

Jakarta – Performa awal Prancis di Piala Dunia 2018 sempat diragukan meski menjadi unggulan. Pada akhirnya, keraguan mereka jawab dengan ada di laga final melawan Kroasia.

BACA JUGA : Kroasia Negara Finalis ke-13 di Piala Dunia 2018

Untuk ketiga kalinya Prancis ada di final Piala Dunia, setelah sebelumnya juara pada 1998 dan runner-up di 2006. Les Bleus akan menantang Kroasia di Luzhniki, Minggu (15/7/2018) malam WIB.

Fase Grup

Perjalanan Prancis di Rusia padahal tampak tidak menjanjikan di awal-awal. Dalam laga pertama di fase grup, Prancis harus berjuang keras untuk mengalahkan Australia 2-1.

Kemenangan itu tak lepas dari pengaruh VAR yang bisa melihat bahwa Prancis layak mendapat penalti di salah satu momen. Antoine Griezmann menjadi eksekutor dan berhasil melesakkan gol.

Prancis juga mendapat keuntungan teknologi dalam gol keduanya. Bola hasil tendangan Paul Pogba, yang mengenai kaki pemain Australia meluncur ke arah tiang dan memantul ke tanah di dekat garis gawang.

Gerak bola sangat cepat dan memungkinkan untuk wasit mengambil keputusan yang salah. Tapi, teknologi garis gawang membantu pekerjaan wasit dan menyatakan bahwa bola sudah masuk gawang.

Prancis juga kesusahan saat melawan Peru di laga kedua. Les Blues kalah penguasaan bola dan lawan mampu melepaskan 10 tembakan dengan dua yang mengarah ke gawang. Meski banyak ditekan, Prancis masih bisa menang 1-0 lewat gol Kylian Mbappe.

Prancis tak bermain ngotot di laga terakhir fase grup melawan Denmark, sebab sudah memastikan diri meraih tiket ke 16 besar setelah mengalahkan Peru. Beberapa perombakan di starting line-up dilakukan Didier Deschamps kala itu dan Prancis vs Denmark cuma berimbang 0-0.

Knock-out

Jalur Prancis di fase knock-out sangatlah tidak mudah. Mereka menghadapi tim-tim yang secara materi cukup oke. Di babak 16 besar dengan status juara Grup C, Prancis menantang Argentina selaku runner-up D. Pertandingan berjalan sengit untuk kedua tim.

Pada prosesnya, Les Bleus mampu mengatasi Argentina dengan kemenangan 4-3. Dalam laga ini, Prancis sangat mematikan dalam serangan balik setelah membiarkan Argentina banyak menguasai bola.

Dalam laga perempatfinal, Prancis dipertemukan dengan Uruguay. Lagi-lagi pertandingan tidak mudah untuk Prancis. Tapi, Hugo Lloris dkk. mampu mengatasinya dengan efektif.

Prancis berhasil menyingkirkan Uruguay dengan kemenangan 2-0. Dua gol mereka raih dengan hanya melepas dua tembakan on target. Di lain sisi, Uruguay mampu melepas empat tembakan on target.

Prancis bertemu Belgia di semifinal. Juara dunia satu kali ini cuma bisa menguasai permainan sebesar 36 persen, namun Prancis menunjukkan kembali bahwa serangannya efektif.

Les Bleus mampu melepas 19 tembakan dengan lima yang mengarah ke gawang. Belgia malah lebih sedikit dengan sembilan tembakan dan tiga yang mengarah ke gawang.

Pada akhirnya, Prancis keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0. Mereka mencetak gol lewat sundulan Samuel Umtiti dari skema sepak pojok di babak kedua. Prancis pun melaju ke final.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

arwanaqq
Close
Close
%d bloggers like this: